Bagaimana Dan Dimana Google Menyimpan Data-datanya.?

Hasil gambar untuk google server dataCukup aman untuk mengasumsikan bahwa di masa sekarang, Google mungkin memiliki lebih banyak data daripada organisasi lain di planet ini. Namun Google sangat tertutup tentang kinerjanya seperti halnya organisasi besar lainnya, jadi kami tidak benar-benar tahu dengan pasti berapa banyak data yang diurus perusahaan atau bagaimana mereka mengelolanya. Itu tidak berarti kita tidak bisa memperkirakannya sekalipun.
Ikuti jejaknya

Salah satu keuntungan dari sebuah perusahaan menjadi publik, adalah informasi yang menjadi publik sebagai hasilnya. Meskipun Google tidak banyak berbagi, kita tahu bahwa belanja modal agregat oleh perusahaan adalah $ 12 miliar. Pusat data mereka yang paling mahal memiliki tag biaya sekitar setengah miliar dolar. Dengan perhitungan kasar, aman untuk berasumsi bahwa mereka berisi sekitar 20 pusat data.

Di situs web mereka, Google mengakui bahwa mereka memiliki pusat data di lokasi berikut:

Berkeley County, Carolina Selatan.
Council Bluffs,-Iowa.
Atlanta, Georgia.
Mayes County, Oklahoma.
Lenoir, North Carolina.
Dalles, Oregon.
Hongkong.
Singapura.
Taiwan.
Hamina, Finlandia.
St Ghislain, Belgia.
Dublin, Irlandia.
Quilicura, Cile.

Selain itu, mereka tampaknya mengoperasikan sejumlah pusat data besar lainnya (kadang-kadang melalui perusahaan anak perusahaan), termasuk:

Eemshaven, Belanda
Groningen, Belanda
Budapest, Hungaria
Wrocław, Polandia
Reston, Virginia
Situs tambahan di dekat Atlanta, Georgia

Konsumsi energi

Langkah selanjutnya dalam pencarian kami adalah mengetahui berapa banyak server yang dijalankan Google di pusat data ini. Karena kita tidak bisa mengakses pusat data secara langsung, kita melihat konsumsi energinya.

Sekarang kita juga tahu bahwa pusat data ini sangat efisien dengan hanya 10-20% dari daya yang dikeluarkan untuk pendinginan. Untuk mengumpulkan kira-kira berapa banyak energi yang dikonsumsi server, mari kita lihat kembali konsep “data kontainer” dari tahun 2005. Meskipun kami tidak memiliki cara untuk memverifikasi apakah mereka benar-benar memanfaatkan konsep ini hari ini – ini akan memberi kita gagasan yang adil tentang Apa yang Google anggap wajar konsumsi daya. Hasilnya – 215 watt per server.

Dengan menggunakan informasi ini bersama dengan data sebelumnya, Google menjalankan sekitar 1 juta server pada pergantian dekade ini. Perusahaan telah berkembang dengan pesat sejak dan pada tahun 2013 diperkirakan bahwa modal yang diinvestasikan di pusat data bisa menjadi 3x sampai 4x kali di tahun 2010. Berdasarkan pengetahuan ini, kita dapat mengasumsikan jumlah server yang dioperasikan oleh Perusahaan menjadi antara 1,8 sampai 2,4 juta.

Hitung penyimpanannya

Sekarang nomor ini tidak berarti mereka semua relevan bagi kita. Server ini mungkin hanya menjadi bagian dari satu dari sekian banyak tes dan eksperimen yang diketahui Google. Tapi karena kita memiliki jangkauan yang begitu luas di nomor akhir, kita tidak akan pernah bisa yakin berapa sebenarnya jumlah server yang digunakan oleh pusat data mereka.

Jika kita berasumsi bahwa server ini memiliki beberapa hard drive 2 TB masing-masing, kita sampai pada sosok pikiran yang mengejutkan dari 10 exabyte! Ini tidak terlalu sulit dipercaya saat Anda mempertimbangkan bahwa sekitar 8 exabyte penyimpanan hard drive dikirim setiap tahunnya. Sementara angka itu mungkin tidak termasuk Google, perusahaan telah aktif selama beberapa tahun dan penyimpanan juga akan terakumulasi pada saat itu.

Jika angka itu masih terasa terlalu tinggi, mari kita ingat bahwa kita bahkan belum mempertimbangkan cold storage. Kami sama sekali tidak memiliki cara pasti untuk mengetahui berapa banyak ruang penyimpanan yang menjadi tempat penyimpanan dingin, jumlah akhirnya mungkin lebih tinggi lagi. Paul Mah dari SMB Tech, Simon Anderson dari Tandberg Data, dalam sebuah wawancara telepon di tahun 2011, menyebutkan bahwa Google adalah pembeli tunggal terbesar dari kaset magnetik yang memesan sekitar 200.000 per tahun. Dengan asumsi angka tersebut sejak itu meningkat, kita tidak akan terlalu terkejut jika jumlahnya lebih tinggi dari 10 exabyte.

Sumber: Quora

Image:NERDS.NU